MENGENAL CSCD (CHILDREN SEE CHILDREN DO)


Komunitas Children See Children Do atau biasa disingkat CSCD adalah komunitas yang mewadahi anak dan pemuda untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka. Komunitas ini diinisiasi oleh pemuda yang bergerak secara kolektif dan bekerja secara relawan.
Komunitas CSCD berada di 5 lokasi di Kota Kupang yakni di Liliba, Maulafa, Oetete, Walikota dan Tabun. Kelima lokasi ini diurutkan berdasarkan waktu pembentukannya. Yang pertama, CSCD Liliba dibentuk pada 1 Juni 2017, kemudian 1 September 2017 dibentuk CSCD Maulafa. Berikutnya, pada 3 Maret 2018 dibentuk CSCD Oetete, pada 10 November 2018, CSCD Walikota dibentuk dan terakhir pada 4 Mei 2019 CSCD Tabun dibentuk.
Di setiap CSCD ada relawan yang menjadi pengajar bagi anak-anak SD di lingkungan mereka. Relawan di komunitas CSCD adalah anak muda yang mau memberi diri dan berbagi dengan anak-anak lewat kelas belajar gratis. Kebanyakan relawan di komunitas CSCD adalah mahasiswa dan siswa SMA.
Ada beragam kegiatan yang biasa dilakukan di komunitas CSCD. Kegiatan rutinnya yaitu, kelas belajar gratis. Pada awal komunitas ini berdiri ada 3 kelas di CSCD yaitu, Kelas Matematikaku, English’s Fun Class, dan Kelas Bermain Ria.  Kelas ini secara bergilir dijalankan setiap minggunya di tiap kelompok. Namun, memasuki tahun 2019, komunitas mulai berbenah dan melihat kembali tentang dasar awal CSCD terbentuk. Komunitas ini bertolak belakang dari pengalaman adik-adik sekitar tempat tinggal relawan yang bersekolah di sekolah Inpres dan tidak mendapatkan akses pelajaran Bahasa Inggris sejak kelas 1-5 SD. Pelajaran Bahasa Inggris mereka dapat ketika sudah kelas 6. Waktu setahun tidak menjamin dasar pelajaran ini mampu diikuti oleh setiap anak, apalagi ketika mereka melanjutkan ke tingkat pendidikan selanjutnya di SMP (Sekolah Menengah Pertama), mereka akan menjumpai materi yang lebih kompleks. Ya, problem ini pun memotivasi komunitas ini untuk bergerak.
Maka, Komunitas CSCD kembali mendesain ulang pola kegiatan di kelompok mereka, kelas rutin tersebut dipakai untuk mengenalkan pelajaran bahasa Inggris kepada anak SD, khususnya yang bersekoah di sekolah inpres. Dimulai di semester kedua di tahun 2019, komunitas ini mengajarkan bahasa Inggris lewat 3 pendekatan kelas yakni : Scientist, Creator, dan Movers. Pendekatan ini didesain oleh komunitas untuk mengajarkan bahasa Inggris lewat rutinitas yang dekat dengan anak dan sekaligus merangsang motorik halus dan kasar mereka. Secara perlahan, relawan di CSCD juga belajar untuk mendalami pendekatan ini dan terus berproses membenahi pendekatan yang dipakai.
Mimpi kami lewat pendekatan yang dipakai tersebut anak-anak di CSCD diberi banyak ruang untuk mencoba hal baru yang sekaligus mendorong mereka untuk menjadi pribadi yang 'lebih'. Setidaknya lewat apa yang sudah digerakkan relawan di tiap kelompok mampu menjadi motivasi yang memberi semangat untuk adik-adik mereka ini. 
Mengenal kami secara singkat kurang lebih seperti itu. Beberapa hal lain menyangkut 'pribadi' komunitas ini juga sepertinya perlu disampaikan, deskripsinya sebagai berikut :
Nama Children See Children Do sendiri dipilih karena menyadari akan sensitivitas anak yang mudah meniru perilaku orang lain didekatnya. Harapannya dengan terlibat di dalam komunitas ini siapapun dapat meniru hal baik yang ditunjukkan oleh orang-orang di dalam komunitas.
Kami memiliki logo komunitas yang terakhir diupgrade di tahun 2019. 
                
didesain oleh Yopie Liliweri

Apa filosofi logo ini ?
Kami masih mempertahankan warna oranye sebagai base color untuk logo CSCD yang secara psikologi melambangkan keceriaan, karena bergiat bersama anak-anak maka keceriaan-lah yang mau dibagikan, dan optimisme. Dalam logo ada lilin yang menyala, lilin ini diibaratkan sebagai kebaikan, apabila nyala lilin tersebut diteruskan ke lilin orang lain maka akan menerangi dia untuk meneruskan cahaya itu ke orang yang lain lagi.  Begitu pula dengan kebaikan jika diteruskan akan berbuah kebaikan lain.

Motto CSCD
Kami mengutipnya dari salah satu quote :
"Do something today that your future self will thank you for"
Kami bahasakan ke visi kami yakni :
" Lakukan Kebaikan Hari Ini untuk Kebaikan di Hari Depan"
Demikian tentang mengenal kami.

Komentar